Saturday 30 November 2013

Resume Softskill

Saya Oky Anggoro dari kelompok 1 akan membuat Resume dari kelompok 1 - 6

Kelompok 1 : Arti Penting Organisasi Dalam Masyarakat


Organisasi adalah kumpulan individu yang berkumpul untuk mencapai tujuan yang sama. Tujuan dari organisasi adalah untuk mengemukakan pendapat ataupun menyampaikan aspirasi agar tercapainya sebuah tujuan yang baik. Didalam organisasi ini juga memiliki 12 prinsip yang harus dilakukan pada tiap-tiap organisasi, yaitu :

· Prinsip bahwa Organisasi Harus Memiliki Tujuan yang Jelas,
· Prinsip Skala Hirarkhi,
· Prinsip Kesatuan Perintah,
· Prinsip Pendelegasian Wewenang,
· Prinsip Pertanggungjawaban,
· Prinsip Pembagian Pekerjaaan,
· Prinsip Rentang Pengendalian,
· Prinsip Fungsional,
· Prinsip Pemisahan,
· Prinsip Keseimbangan,
· Prinsip Fleksibilitas,
· Prinsip Kepemimpinan.

Setiap organisasi, baik organisasi kecil atau besar seharusnya memiliki beberapa prinsip yang ada di atas. Di lingkungan kita sangat lah penting adanya organisasi, contohnya dalam membangun suatu tujuan di masyarakat dengan adanya organisasi maka akan mempermudah pekerjaan

Contoh organisasi yang diambil adalah organisasi pemuda pancasila, desa/kelurahan, posyandu. Dan arti pentingnya organisasi dalam masyarakat yaitu sangat penting, karena organisasi dapat membantu masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungannya. Organisasi bisa sebagai pendukung proses sosialisasi di lingkungan masyarakat.


Kelompok 2 : KONFLIK DALAM BERORGANISASI

Konflik adalah adanya pertentangan yang timbul di dalam seseorang (masalah intern) maupun dengan orang lain (masalah ekstern) yang ada di sekitarnya. Konflik dapat berupa perselisihan, adanya ketegangan atau munculnya kesulitan-kesulitan lain di antara dua pihak atau lebih.

Faktor penyebab konflik yaitu: 
1. Perbedaan individu meliputi perbedaan pendirian dan perasaan.
2. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membenruk pribadi-pribadi yang berbeda pula.
3. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
4. Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.

Konflik dapat dicegah dengan :
1. Disiplin, dengan begitu maka konflik dapat dicegah.
2. Pertimbangan pengalaman dalam tahapan kehidupan.
3. Komunikasi, komunikasi tersebut sangatlah penting dalam organisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.
4. Mendengarkan secara aktif, biasakan untuk menjadi pendengar yang dapat menghargai pendapat orang lain. 

Apabila kita sedang mengalami suatu konflik dimana pun dan kapan pun, jangan langsung menyerah dan putus asa. Karena ada berbagai cara penanganannya, yaitu berupa :

1. Introspeksi diri
Hal ini penting untuk dilakukan sehingga kita dapat mengukur kekuatan kita dan dapat menyadari (berkaca) diri dengan konflik yang telah terjadi ini apakah ada yang salah dengan apa yang kita lakukan? Dengan begitu kita dapat memberi penilaian terhadap konflik tersebut dan dapat memproleh point-point untuk penyelesaiannya.

2. Mengevaluasi pihak-pihak yang terlibat 
Sangat penting bagi kita untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat. Kita dapat mengidentifikasi kepentingan apa saja yang mereka miliki? bagaimana nilai dan sikap mereka atas konflik tersebut ? dan apa perasaan mereka atas terjadinya konflik tersebut?

3. Identifikasi sumber konflik
konflik tidak muncul dan terjadi begitu saja, tanpa ada yang memancingnya. Sumber konflik sebaiknya dapat teridentifikasi sehingga dalam penanganannya lebih terarah kepada sebab dan akibat konflik.

4. Mengetahui pilihan penyelesaian atau penanganan konflik yang ada dan memilih yang tepat.


Kelompok 3 : PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI
Pengambilan keputusan adalah suatu hasil dari pemecahan masalah yang sedang terjadi. Ada dua tujuan dalam pengambilan keputusan, yaitu:
1. Tujuan bersifat tunggal : terjadi apabila keputusan yang dihasilkan hanya menyangkut satu masalah.
2. Tujuan bersifat ganda : terjadi apabila keputusan yang dihasilkan menyangkut lebih dari satu masalah.

Proses-proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1. Identifikasi pemecahan masalah
2. Mencari alternatif pemecahan
3. Memilih alternatif
4. Pelaksanaan alternatif :
5. Evaluasi
Proses-proses pengambilan keputusan tersebut merupakan beberapa cara yang diambil untuk memutuskan memecahkan suatu masalah. Jika ada masalah yang dianggap sulit dipecahkan tidak ada jalan keluarnya, maka pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cara voting.


Kelompok 4 : KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Komunikasi adalah proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Didalam organisasi sangat penting adanya sebuah komunikasi untuk memudahkan interaksi dengan sesama anggota organisasi lainnya, jika tidak adanya komunikasi dalam organisasi maka akan terjadi kesalahpahaman.
Proses komunikasi dalam organisasi terdapat dua macam yaitu komunikasi internal contohnya bisa seperti (Atasan terhadap bawahan),(bawahan terhadap atasan), (antar bawahan dengan bawahan atau atasan dengan atasan). Komunikasi eksternal ,Contohnya seperti konferensi pers, rapat,diskusi dan lainnya.
Kesimpulannya komunikasi sangat penting dan sangat dibutuhkan didalam sebuah organisasi , . karena banyak manfaat yang didapat dari komunikasi tersebut yaitu memudahkan anggota dalam bekerja dari perintah atau instruksi yang diberikan atasan dan juga mengurangi kesalahpahaman antar sesama anggota ataupun atasan.

Kelompok 5 : Perubahan dan Perkembangan Organisasi
Setiap organisasi pasti mengalami suatu perubahan biasanya organisasi mengalami perubahan dari beberapa faktor diantaranya:
• Jumlah anggotanya
• Tujuan dari Organisasi
• Bentuk organisasinya
Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk meningkatkan efektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi. Ada beberapa metode pengembangan organisasi seperti jaringan manajerial, latihan kepekaan, pembentukan tim dan umpan balik survei.
Perubahan dan Perkembangan itu sendiri hendaknya membawa dampak positif, namun tidak dapat dipungkuri era globlasasi menyebabkan perubahan dan perkembangan organisasi membawa pengaruh yang negatif dalam masyarakat.


Kelompok 6 : Arti Penting Kepimpinan Dalam Organisasi
Dalam berorganisasi dan menjalani kehidupan sosial pasti membutuhkan pemimpin untuk bisa memimpin,menata dan mengatur ,sebab bila tidak ada pemimpin maka tidak adanya keseimbangan dalam berkehidupan.Semua orang dapat bertindak semaunya,tanpa aturan dan arahan,dan bisa dibayangkan itu semua hanya akan melahirkan kekacauan.
Pemimpin haruslah yang jujur,bijaksana,bertanggung jawab,dan berani mengambil keputusan,tapi sekarang cukup banyak pemimpin menyalahgunakan kepemimpinannya untuk kepentingan diri sendiri dan juga berkelompok,inilah yang harus kita rubah sesegera mungkin agar tidak tyerjadi secara turun menurun dan menjadi hal yang bisa dilakukan.
Namun dalam sebuah organisasi terkadang tidak semua anggota bias sejalan atau sepikir pendapat dengan keputusan yang dibuat oleh pemimpin.Saat seperti inilah kebijakan dan kecerdasan seorang pemimpin dibutuhkan dalam menjelaskan atau mencari solusi agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan anggota organisasi.Oleh karena itu kita sebagai masyarakat tentu harus berhati-hati dalam memilih seorang pemimpin.sebab tidak semua pemimpin yang baik diluar tapi ia mengerti apa yang kita inginkan.
Walau terkadang kita meragukan keputusan yang diperbuat oleh pemimpin kita,atau terkadang pemimpin kita membuat kesalahan dalam mengambil keputusan saat itulah peran kita sebagai anggota untuk mengingatkan pemimpin kita.agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan pemimpin kita juga bias lebih memahami para anggotanya.

0 comments:

Post a Comment