Wednesday 31 December 2014

Contoh Proposal Skripsi

Nama : Oky Anggoro
NPM : 15112592
Kelas : 3KA07

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang Masalah
Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Adapun Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terpadat di dunia memungkinkan untuk industri kuliner terus berkembang dan saling bersaing untuk menawarkan kemudahan dan kenyamanan kepada customer. Dapat dibayangkan jika sebuah restoran ramai pengunjung namun sistem tidak tertata dengan baik karena masih dilakukan sistem konvensinal. Di samping itu terjadinya kesalahan dalam hal pemesanan makanan yang biasa terjadi kadang menjadi salah satu penyebab pengunjung menjadi kurang nyaman berkunjung di restoran tersebut. Menjawab beberapa permasalahan di atas dibuatlah tugas akhir sistem pemesanan berbasis android ini.
Maka dibuatlah aplikasi android pemesanan makanan menggunakan PC Tablet yang terdapat pada setiap meja tanpa harus menggunakan login hanya dengan meng-input nama, karena server telah menyimpan database setiap meja. Aplikasi ini juga dilengkapi informasi menu berupa nama menu, harga, dan gambar, serta deskripsi menu. Dengan adanya deskripsi menu pengunjung dapat mengetahui gambaran menu tersebut tanpa harus bertanya kepada pelayan atau terjadi kesalahan dalam memesan menu yang dinginkan.
Hal lain yang ditambahkan adalah sistem count down timer pada aplikasi sehingga pengunjung dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk memproses makanan dan jika waktu telah berakhir akan terdapat alarm pada PC Tablet. Dalam hal ini server yang bertugas mengirimkan waktu tunggu yang telah disesuaikan dengan pesanan yang dinginkan. Namun jika count down timer telah berakhir dan pesanan belum siap, client dapur bertugas mengirim waktu tunggu tambahan kepada server agar server meneruskannya kepada customer sebagai pemberitahuan sekaligus mengaktifkan kembali count down timer pada PC Tablet.
Pada sistem server akan tehubung pada client dapur dan client kasir. Client dapur berfungsi untuk menampilkan pesanan setiap meja, menampilkan waktu tunggu makanan setiap meja, serta memberikan perintah untuk menambahkan count down timer jika pesanan belum siap. Sedangkan client pada kasir bertugas untuk menampilkan informasi billing setiap meja dan mencetak struk.

1.2.            Identifikasi Masalah
Dalam menghadapi permasalahan yang sering terjadi pada jam sibuk restoran maka digunakan sebuah program aplikasi pemesanan makanan menggunakan program android pada setiap meja yang digunakan untuk pemesanan makanan dan akan langsung terhubung pada database server yang dapat diakses oleh client dapur dan kasir. Program ini dihharapkan dapat mengefesienkan proses pemesanan makanan.

1.3.            Pembatasan Masalah
Berikut beberapa batasan masalah yang akan dijadikan acuan penulisan, diantaranya:
1.3.1.      Aplikasi android dibuat dengan menggunakan software eclipse.
1.3.2.      Pembuatan database menggunakan mySQL.
1.3.3.      Database akan terhubung pada client yang terdapat pada user, client dapur, dan client kasir.

1.4.            Perumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, dapat ditarik beberapa permasalahan, yaitu:
1.4.1.      Software apa yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi berbasis android yang dapat mengatasi permasalahan di atas?
1.4.2.      Bagaimana cara menyimpan data pesanan makanan pada aplikasi ini?
1.4.3.      Bagaimana cara pengiriman data dari perangkat pemesanan makanan ke server?
1.4.4.      Bagaimana cara server mengolah apakah data yang dikirimkan untuk client pada bagian dapur atau client pada bagian kasir?
1.4.5.      Bagaimana cara menampilkan informasi billing dari client kasir kepada customer?
1.4.6.      Bagaimana cara menampilkan count down timer pada aplikasi ini?

1.5.            Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari rancang bangun alat ini yaitu:
1.5.1.      Merancang dan merealisasikan aplikasi berbasis android yang dapat melakukan pemesanan makanan secara efisien.
1.5.2.      Mengaplikasikan ilmu dan praktek yang telah di peroleh mahasiswa selama belajar di program studi teknik telekomunikasi.

1.6.            Manfaat
Adapun manfaat pembuatan tugas akhir ini adalah:
1.6.1.      Mencegah terjadinya kesalahan pemesanan makanan karena customer memilih langsung menu yang disediakan.
1.6.2.      Mempercepat proses pemesanan makanan sehingga lebih efisien.
1.6.3.      Mengurangi protes pengunjung karena pengunjung mengetahui waktu pemrosesan makanan melalui count down timer yang terdapat pada aplikasi android.
1.6.4.      Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat diimplementasikan langsung pada sebuah restaurant sehingga masyarakat akan lebih tanggap terhadap teknologi yang lebih mudah dan efisien dalam penerapannya di masyarakat.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1.            Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.
Karena kemudahannya untuk menciptakan berbagai aplikasi, saat ini android banyak di pilih untuk membuat software yang berguna. Dari aplikasi permainan sampai ke aplikasi penting lainnya yang lebih kompleks. Android terdiri dari berbagai macam versi yang berbeda dengan fitur-fitur yang berbeda. Nama-nama versi android memakai nama dari jenis makanan.

2.2.            Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk pengembangan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform. Pada awalnya eclipse dikembangkan oleh IBM menggantikan perangkat lunak IBM visual age for java.
Eclipse merupakan komunitas open source yang bertujuan menghasilkan platform pemrograman terbuka. Eclipse terdiri dari framework yang dapat dikembangkan lebih lanjut, peralatan bantu untuk membuat dan memanage software sejak awal hingga diluncurkan. Platform Eclipse didukung oleh ekosistem besar yang terdiri dari vendor tekonologi, start-up inovatif, universitas, riset institusi serta individu.


2.3.            Database
Database adalah kumpulan dari data yang saling berkaitan. Data adalah suatu fakta yang dapat direkam/dicatat/disimpan yang memiliki arti tertentu. Meskipun sebenarnya tujuan dari database tersebut sama, yaitu lebih mempermudah dalam pengolahan data, namun caranya ada berbagai macam. Hal ini dapat dilihat dari bentuk konfigurasi sistemnya atau dari bentuk ataupun isi dari database tersebut.
Ada beberapa jenis dari database, mulai dari yang menggunakan text biasa, menggunakan excel, lotus, foxpro, dbase, paradoc, access, oracle, SQL dan banyak lagi. Masing-masing dapat berbeda dari sisi format datanya, fasilitas yang disediakan dan teknik pengolah databasenya (database engine).
  
BAB III
METEDOLOGI

3.1.Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat            : Depok
Waktu             : 4 Desember 2014

3.2.Metode Penelitian
3.2.1.      Pengumpulan Data
Pengumpulan data diambil dari teknologi yang sudah ada saat ini. Selain itu, data juga diambil dari beberapa buku penunjang dan internet yang digunakan sebagai referensi.
3.2.2.      Pengujian Program
Pengujian program dilakukan untuk menguji program yang telah dibuat dengan memadukan unsur referensi-referensi yang diperoleh dari metode kepustakaan apakah telah sesuai dengan kajian pustaka yang digunakan.
3.3.3.   Wawancara
            Wawancara narasumber dilakukan untuk mengkaji hasil pengumpulan data yang dilakukan dengan hasil nyata yang biasa terjadi.

3.3.Instrumen Penelitian
·      Software eclipse
·      Software mySQL
·      Tablet PC Android
·      Laptop server/client

3.4.Teknik Analisis Data
Analisis data yang dilakukan berdasarkan hasil pengujian program aplikasi saat dijalankan ada PC tablet Android.

DAFTAR PUSTAKA

Wikipedia. (2013, 27 Desember). Sistem Operasi Android. Diakses 6 Desember 2014, dari http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi).
Wikipedia. (2013, 27 Desember). Software Eclipse. Diakses 6 Desember 2014, dari http://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_(software).
Wikipedia. (2013, 27 Desember). Komunikasi Data. Diakses 6 Desember 2014, dari http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data.
Wikipedia. (2013, 27 Desember). Wi-Fi. Diakses 6 Desember 2014, dari http://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi




0 comments:

Post a Comment