Friday 5 December 2014

5 Bahan Alami untuk Melawan Rambut Beruban

1. Jahe


Jahe tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Rempah akar ini ternyata juga baik untuk merawat rambut. Minyak jahe bisa memacu pertumbuhan rambut, mengatasi ketombe, dan memperlambat pertumbuhan uban dengan cara memperlancar sirkulasi darah di area kulit kepala. Dengan begitu suplai oksigen dan nutrisi ke batang rambut menjadi lancar pula.
Untuk mengatasi rambut beruban, buatlah campuran dari parutan jahe segar dan susu atau madu. Aduk hingga merata, sampai menjadi pasta kental. Pastikan komposisi parutan jahe lebih banyak daripada susu dan madunya. Kemudian usapkan campuran tadi ke batang rambut dan kulit kepala secara merata. Pijat lembut kulit kepala selama beberapa menit, kemudian diamkan hingga 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada luka di kulit kepala dan jangan menggaruk selagi memijat kepala untuk menghindari rasa perih.


2. Daun Jambu

Selama ini mungkin anda mengenal daun jambu sebagai bahan alami untuk meningkatkan produksi trombosit bagi penderita demam berdarah atau mengatasi diare. Tetapi ternyata tak hanya itu manfaat daun jambu. Nutrisi dan antioksidan dalam daun jambu berguna untuk menjadikan rambut lebih lebat dan mencegah uban prematur.
Untuk merawat rambut yang mulai beruban, haluskan segenggam daun jambu biji segar hingga menjadi pasta. Setelah itu gunakan untuk cream bath. Oleskan pada kulit kepala dan pijat-pijat lembut agar meresap hingga ke akar. Jangan lupa untuk mengoleskan juga ke batang rambut. Setelah didiamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut dan kulit kepala hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




3. Bawang Merah

Cairan pada bawang merah yang membuat mata terasa pedih, ternyata ampuh untuk melawan kerontokan rambut dan uban. Selain itu dapat memberikan kilau sehat alami pada rambut, sebab bawang merah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan rambut.
Untuk mengatasi rambut yang beruban, ente bisa membuat masker rambut dari bawang merah. Caranya mudah saja, anda tinggal menghaluskan segenggam bawang merah. Kemudian pakailah sebagai masker rambut. Oleskan dari pangkal hingga ujung rambut. Kemudian bungkus kepala dengan shower cap. Diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada luka di kulit kepala untuk menghindari iritasi akibat cairan bawang merah yang tajam.
Lakukan perawatan ini minimal sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




4. Teh Hitam

Bahan-bahan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh ternyata ampuh untuk merawat rambut. Teh hitam yang paling tinggi kandungan kafein-nya cocok untuk mengatasi rambut beruban. Kandungan pewarna alami dan antioksidan dalam teh hitam bisa dimanfaatkan untuk mewarnai rambut kelabu secara alami sekaligus menutrisinya.
Anda bisa membilas rambut dengan larutan kopi setiap dua hari sekali untuk mengembalikan warna rambut yang memudar karena uban. Setelah rambut dibilas dengan teh hitam, pijat-pijat batang rambut, kemudian diamkan selama 30-60 menit agar cairan meresap ke batang rambut. Setelah itu bilas hingga bersih.




5. Madu

Madu memang kaya akan nutrisi dan manfaat. Mulai dari menyembuhkan infeksi, memperbaiki struktur kulit, hingga membersihkan racun. Sebab bahan alami yang diproduksi oleh lebah ini kaya akan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya masalah uban prematur.
Untuk mengembalikan warna rambut yang beruban ke kondisi semula, gunakan madu untuk cream bath. Anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon untuk memperkuat fungsi antioksidan. Setelah keramas, oleskan madu di kulit kepala dan batang rambut, kemudian pijat lembut hingga benar-benar meresap. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali. Selain rambut beruban berkurang, Anda akan mendapati rambut jadi lebih sehat bercahaya.

Berikut adalah bahan - bahan alami untuk melawan rambut beruban, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment