Sunday 26 April 2015

Tentang Air Alkali / Alkaline Water



Sebelum kita mulai membahas soal fakta scientific air alkaline, mari kita simak sedikit claim dari manufacturer mesin air alkaline tentang apa itu air alkaline..

Apa sih air alkaline itu??


Air alkaline merupakan air minum yg diclaim memiliki pH basa (pH>7, biasanya diclaim pH sekitar 9-9.5) dan diclaim memiliki:
1. rasa yg lebih enak
2. mampu menghidrasi tubuh lebih baik
3. airnya memiliki ukuran molekul yg lebih kecil (sehingga lebih mudah diserap tubuh)
4. dapat menetralkan radikal bebas
5. dibutuhkan u/ menyeimbangkan pH alami tubuh
6. dapat untuk detoksifikasi & sebagai antioksidan
7. mampu meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.."


Coba anda baca lagi 1 per 1 claim tersebut... Kalo memang ada air / pengobatan seperti ini pastinya semua dokter di dunia sudah akan merekomendasikan untuk meminum air tersebut dan sangat tidak masuk akal bahwa mesin water alkalizer seperti ini TIDAK memiliki sertifikasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (BPOM AS / FDA) atas claimnya tersebut..

Kalo istilahnya saya sih "if anything sounds / looks too good to be true, it usually is.." atau "kalo sesuatu terdengar / terlihat terlalu mengada-ngada, biasanya memang itu betul mengada2.."

Fakta scientific air alkaline secara garis besar:
1. "Ionized water / air terionisasi" = istilah yg omong kosong. Di dunia kimia / fisiologi, kita tidak mengenal yg namanya air terionisasi karena pada dasarnya air murni itu tersusun atas molekul H2O yg terus menerus berganti pasangan terhadap molekul H2O lainnya.
2. Air murni (air yg tidak memiliki kandungan ion sama sekali / murni H+ dan OH-) tidak akan bisa dielektrolisis

3. Air murni akan selalu berada di pH netral (pH = 7) , tidak akan asam / basa (kalo sedikit asam / basa = air tidak murni)

4. Konsep bahwa kita harus meminum air alkaline u/ menetralisir makanan yg bersifat asam di tubuh kita = ngawur bin ajaib. In general pH di tubuh kita masing2 sudah disesuaikan dengan fisiologi tubuh (misal pH sangat asam di lambung u/ menhancurkan makanan, pH darah 7.3-7.4 dan secara alamiah darah kita sudah memiliki buffer pH untuk mempertahankan pH di level tersebut, any excess acid akan dikeluarkan melalui air seni / karbondioksida saat kita bernafas)

5. Jika agan tetep minum "air alkaline", intinya tidak akan ada efek karena air tersebut akan segera dinetralisir oleh asam lambung

6. Penyerapan air di tubuh terjadi di dalam usus, bukan di dalam lambung anda. Setelah makanan / minuman yg sudah diproses di lambung masuk ke dalam usus, pankreas anda akan melaksanakan fungsinya untuk menetralisir asam lambung dan menjadikannya lebih basa sebelum masuk ke usus. Pada dasarnya air yg anda minum tetap akan menjadi basa tanpa butuh mesin water alkalizer

7. Claim tentang manfaat kesehatan dari minum air alkaline seringkali tidak didukung dengan bukti yg kuat (peneliiti / scientist yg memang di bidangnya, bukan testimonial asal dari orang yg bukan di bidangnya)

8. Badan anda memiliki mekanisme yg alamiah (mekanisme ini sudah didesign untuk bekerja dengan sangat baik kecuali anda memilki gangguan di organ anda) yang akan menjaga pH di level yg seharusnya (contoh, pH darah seharusnya di 7.3-7.4, di atas / di bawah itu akan langsung menyebabkan gangguan kesehatan). Pada dasarnya pH air minum / makanan anda tidak ada efek sama sekali terhadap pH di bagian tubuh anda. Dan 1 lagi, konsep "pH tubuh" = omong kosong, karena pada dasarnya pH di tubuh kita akan berbeda2 tergantung fungsi bagian tubuh tersebut).

9. Jika anda ingin bener2 menaikkan pH lambung anda (resiko gangguan pencernaan harap ditanggung sendiri), daripada buang2 uang puluhan - ratusan juta rupiah untuk beli mesin water alkalizer, anda sebenarnya tinggal mengkonsumsi larutan basa yg bisa didapatkan dengan murah (NaOH, Mg(OH)2, dll).

10. In general, mesin elektrolisis itu tidak ada gunanya jika diaplikasikan terhadap air minum untuk kesehatan, menghilangkan polutan di dalam air, disinfektan, dll. Claim bahwa air alkaline = anti oksidant itu adalah omong kosong karena saat anda mengelektrolisis air d rumah anda (yg memiliki sedikit kandungan Na+, Ca2+, Cl-, dll),anda akan menghasilkan senyawa hypochloric acid (HOCl), biasanya ditemukan di dalam bleach / cairan pembersih rumah tangga yg malah merupakan oksidator, bukan anti oksidant yg diclaim sebelumnya.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Electrolysed_water)

11. Claim bahwa mesin elektrolisis u/ menghasilkan air alkaline sudah disertifikasi untuk digunakan di RS di Jepang / negara lain cenderung menyesatkan. Sertifikasi mesin yg dimaksud adalah sertifikasi bahwa mesin ini aman dioperasikan dan anda tidak akan kesetrum. Bahkan Kementrian Kesehatan Jepang saja sangat kritis tentang claim kesehatan dari mesin water alkalizer seperti ini..

0 comments:

Post a Comment