Sunday 26 April 2015

5 Bukti Kejeniusan Hewan

1.Orang Utan 'Bajak Laut'
Orang Utan

Di pusat rehabilitasi orang utan bernama 'Camp Leakey' di Kalimantan, terdapat cerita tentang orang utan yang bisa membajak perahu nelayan.
Ya, beberapa penduduk atau pengunjung yang mendekati pusat rehabilitasi yang menggunakan sampan, biasanya akan mengisi sampan itu dengan air saat naik ke daratan. Bukannya tanpa alasan, orang utan di sekitar pusat rehabilitasi itu diketahui telah mempelajari cara manusia menggunakan sampan. Termasuk mendayung menggunakan tangan mereka yang panjang.
Beberapa kasus pembajakan pun sampan oleh orang utan pun sempat terjadi. Oleh karena itu, penduduk membuat sampan mereka seakan-akan tenggelm untuk mengelabuhi para orang utan.


2.Kadal Pemain Game
Kadal berjenggot Autralia.

Di Australia, ada sebuah spesies kadal unik Pogona vitticeps. Kadal 'naga' ini suka memakan serangga, salah satunya adalah semut.
Menariknya, menurut penelitian kebun binatang Taronga, kadal ini berbakat memainkan game bernama 'Ant Smasher'. Sebuah game smartphone sederhana yang mengharuskan pemainnya menangkap semut sebanyak-banyaknya dengan cara mengetuk setiap semut yang muncul di layar smartphone.
Nah, saat kadal Pogona dihadapkan ke layar yang menampilkan game Ant Smasher, dengan gesit dia menjulurkan lidahnya ke layar dan mengenai semut 'digital' di game itu. Tidak salah bila Peter Harlow, manajer kebun binatang Taronga mengatakan bila kadal Pogona salah satu gamer terbaik dengan bakat alami.


3.Lumba-lumba pembuat mainan
Lumba-lumba pink.

Bukan hanya manusia saja yang menyukai mainan, lumba-lumba pun sama. Bedanya, lumba-lumba bisa membuat mainan mereka sendiri.
Berdasarkan penelitian Dr. Ken Marten, lumba-lumba diketahui bisa membuat cincin-cincin kecil yang bersinar untuk dimainkan. Untuk membuatnya, lumba-lumba menggerakkan siripnya hingga muncul pusaran air kecil, di tengah pusaran air itu lumba-lumba menembakkan gelembung dari lubang pernapasan yang ada di atas kepala mereka.


4.Ular Pendeteksi Gempa
Ilustrasi ular.
Pusat penelitian gempa bumi Nanning di Guangxi, China, mempunyai cara unik untuk mengetahui datangnya gempa bumi. Mereka memasang kamera CCTV yang beroperasi 24 di sebuah peternakan ular konsumsi.
Menurut ilmuwan Nanning, ular memiliki perilaku unik menjelang datangnya gempa, yakni keluar sarang. Sekitar 5 hari sebelum gempa, ular-ular akan keluar sarang meskipun itu musim dingin.
Bahkan, di kasus gempa parah, ular-ular itu bisa memaksa menghancurkan dinding kandang untuk melarikan diri. Dari pengamatan ilmuwan Nanning, dipercaya ular bisa mendeteksi gempa dari jarak 120 kilometer.


5.Paus Pembunuh Tiru Bahasa Lumba-lumba
Atraksi paus pembunuh.
Di beberapa pusat penangkaran hewan laut di Amerika, paus pembunuh biasanya akan ditempatkan dekat dengan lumba-lumba hidung botol. Menariknya, setelah beberapa tahun, paus pembunuh atau yang kerap disebut 'orca' itu lebih sering memakai bahasa lumba-lumba untuk berkomunikasi dengan sesama.
Awalnya, bahasa orca terdiri dari gabungan bunyi klik, siulan, dan gelombang suara. Sementara bahasa lumba-lumba hanya terdiri dari bunyi klik dan siulan.
Hebatnya, peniruan bahasa oleh orca dilakukan tanpa bantuan manusia. Sebelumnya, paus pembunuh lebih dulu dinyatakan bisa menirukan bahasa anjing laut, yang juga menjadi mangsanya.

0 comments:

Post a Comment